Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang paling sederhana sampai yang lebih komplek.
Beberapa formula dalam Microsoft Excel diantaranya :
1. SUM
Fungsi SUM adalah fungsi yang digunakan untuk menjumlahkan isi dari beberapa sel yang letaknya berdekatan, baik vertikal atapun horizontal.
Bentuk umum rumus SUM:
=SUM(Range) enter
contoh:
Bentuk umum rumus SUM:
=SUM(Range) enter
contoh:
2. AVERAGE
Untuk mencari nilai rata-rata dari beberapa nilai. Number adalah nilai yang akan dicari rata-ratanya atau blok area yang akan dicari nilai rata-ratanya.
Bentuk umum rumus AVERAGE:
Bentuk umum rumus AVERAGE:
=Average(Range) Enter
contoh:
3. MAX
Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari beberapa nilai. Number adalah nilai yang akan dicari nilai tertingginya atau blok area yang akan dicari nilai tertinggi.
Bentuk umum rumus MAX:
=MAX(Range) enter
contoh:
Bentuk umum rumus MAX:
=MAX(Range) enter
contoh:
4. MIN
Untuk mencari nilai terendah dari suatu range.
Bentuk umum rumus MIN:
=MIN(Range) enter
contoh:
Bentuk umum rumus MIN:
=MIN(Range) enter
contoh:
Selain fungsi formula, dalam Ms.excel juga terdapat fungsi logika, diantaranya :
1. IF
2. OR
Dipakai untuk menghubungkan satu nilai logika atau lebih menjadi satu nilai logika baru.
Bentuk umum rumus OR:
=Or(<nilaiLogika1>;<nilaiLogika2>;...)
contoh:
Bentuk umum rumus OR:
=Or(<nilaiLogika1>;<nilaiLogika2>;...)
contoh:
3. AND
Dipakai untuk menghubungkan satu nilai logika atau lebih menjadi satu nilai logika baru. Hasil fungsi logika And akan berupa True (benar) hanya jika semua argumen bernilai True (benar). Jika salah satu argumen bernilai False (salah satu syarat tidak terpenuhi), maka hasil fungsi logika And akan bernilai False (salah).
Bentuk umum rumus AND:
=And(<nilaiLogika1>;<nilaiLogika2>;...)
contoh:
Bentuk umum rumus AND:
=And(<nilaiLogika1>;<nilaiLogika2>;...)
contoh:
4. NOT
Dipakai untuk membalik suatu nilai logika. Jika argumen <nilaiLogika> berupa True, maka hasil fungsi Not adalah False. Jika argumen <nilaiLogika> berupa Flase, maka hasil fungsi adalah True.
Bentuk umum rumus NOT:
=Not(nilaiLogika>)
contoh:
Bentuk umum rumus NOT:
=Not(nilaiLogika>)
contoh:
5. Lookup dan Referensi
6. Financial
Beberapa fungsi teks di dalam Ms. Excel, diantaranya :
1. LEFT
Digunakan untuk mengambil sejumlah karakter dari suatu kumpulan teks, dimulai dari karakter sebelah kiri.
Bentuk umum rumus LEFT :
=LEFT(text,n)
contoh :
Bentuk umum rumus LEFT :
=LEFT(text,n)
contoh :
2. RIGHT
Digunakan untuk mengambil sejumlah karakter dari suatu kumpulan teks, mulai dari karakter sebelah kanan.
Bentuk umum rumus RIGHT :
=RIGHT(text,n)
contoh :
3. MID
Bentuk umum rumus RIGHT :
=RIGHT(text,n)
contoh :
3. MID
Digunakan untuk mengambil sejumlah karakter dari suatu kumpulan teks, mulai dari karakter dari karakter ke-n atau untuk mengambil karakter di tengah.
Bentuk umum rumus MID :
=MID(teks,k,n)
keterangan :
teks : teks yang ingin diambil karakternya
n : jumlah karakter yang diambil
k : posisi awal pengambilan karakter
4. UPPER
Bentuk umum rumus MID :
=MID(teks,k,n)
keterangan :
teks : teks yang ingin diambil karakternya
n : jumlah karakter yang diambil
k : posisi awal pengambilan karakter
4. UPPER
Untuk mengubah penulisan teks menjadi huruf besar (Uppercase)
Bentuk umum rumus UPPER :
=UPPER(
5. LOWER
Bentuk umum rumus UPPER :
=UPPER(
5. LOWER
Untuk mengubah penulisan teks menjadi huruf kecil (Lowercase)
Bentuk umum rumus LOWER :
=LOWER(
Bentuk umum rumus LOWER :
=LOWER(
0 komentar
Posting Komentar