Selama proses pembuatan baja, kombinasi karbon dan oksigen terjadi untuk membentuk gas. Jika oksigen tidak dihilangkan sebelum atau selama pengecoran (dengan menambahkan silikon atau deoxidizer lainnya) produk gas terus berevolusi selama pemadatan. Jenis baja yang diproduksi ditentukan oleh kontrol dari jumlah gas berevolusi selama pemadatan. Jika gas tidak ada berevolusi, baja ini disebut "membunuh" karena terletak diam-diam dalam cetakan. Meningkatkan derajat hasil evolusi gas di semi-membunuh, capped atau berbingkai baja.
Beberapa baja karbon dan tinggi kekuatan baja paduan rendah dapat diberikan dalam semua empat jenis. Paduan baja dan baja tahan karat dan panas biasanya dibuat sebagai baja tewas.
1) Tewas baja (Killed steel):
- Hal ini dihasilkan dengan melibatkan penggunaan beberapa elemen deoxidizing yang bertindak dengan berbagai intensitas.
- Yang umum ini adalah silikon dan aluminium.
- Baja dibunuh, karena keseragaman yang lebih besar dalam komposisi kimia dan kesehatan digunakan untuk penempaan, karburasi, perlakuan panas dan aplikasi lainnya.
- Mereka sangat deoxidised dan ditandai oleh komposisi yang tinggi dan keseragaman properti.
- Semua baja tempa dan secara umum, semua baja yang mengandung karbon lebih dari 0,25% tewas.
- Jenis baja yang bebas dari lubang pukulan dan segregasi.
- Simbol K singkatan dari baja tewas.
- Memiliki karakteristik antara orang-orang dari baja terbunuh atau berbingkai.
- Baja struktural yang mengandung 0,15-0,25% karbon umumnya semi-membunuh.
- Dalam baja semi-membunuh, tujuannya adalah untuk menghasilkan logam bebas dari Blowhole permukaan dan pipa.
- Permukaan harus memiliki kerabat suara ketebalan cukup.
- Mereka digunakan untuk aplikasi struktural umum.
- Selama pemadatan baja semi-membunuh, gas berkembang dalam tubuh ingot, cenderung untuk mengkompensasi di bagian sepenuhnya untuk pemadatan penyusutan yang menyertainya.
- Karena rongga pipa diminimalkan, baja semi-membunuh biasanya dilemparkan di besar-akhir bawah cetakan tanpa panas-puncak.
- Jenis baja ini cocok untuk operasi menggambar (kecuali gambar yang parah).
- Memiliki karakteristik mirip dengan baja berbingkai tetapi untuk tingkat menengah antara mereka berbingkai baja dan semi-membunuh.
- Deoxidizer mungkin ditambahkan untuk efek aksi berjalan terkendali saat baja cor. gas terperangkap selama pemadatan adalah lebih dari yang diperlukan untuk mengatasi penyusutan normal, sehingga kecenderungan untuk baja untuk bangkit dalam cetakan.
- Operasi pembatasan menyebabkan baja untuk memperkuat lebih cepat, sehingga membatasi waktu evolusi gas, dan mencegah pembentukan jumlah berlebihan void gas di dalam ingot.
- Capped baja umumnya dilemparkan dalam botol-atas cetakan menggunakan topi logam berat.
- Capped baja juga dapat dilemparkan di atas cetakan terbuka, dengan menambahkan aluminium atau besi-silikon di atas baja cair, menyebabkan baja pada permukaan untuk berbaring diam dan memantapkan cepat.
Dalam berbingkai baja, tujuannya adalah untuk menghasilkan permukaan yang bersih yang rendah dalam konten karbon. Berbingkai baja juga dikenal sebagai menggambar baja berkualitas.
- Hasil struktur khas untuk evolusi gas yang ditandai selama pemadatan tepi luar.
- Mereka menunjukkan perbedaan yang besar dalam komposisi kimia di seluruh bagian dan dari atas ke bawah ingot.
- Mereka memiliki tepi luar yang lebih rendah dalam karbon, fosfor, dan belerang dari komposisi rata-rata dari seluruh ingot dan bagian dalam atau inti yang lebih tinggi rata-rata di unsur-unsur.
- Dalam rimming, baja sebagian deoksidasi. Konten karbon kurang dari 0,25% dan konten mangan kurang dari 0,6%.
- Mereka tidak mempertahankan setiap persentase yang signifikan dari unsur-unsur yang sangat teroksidasi seperti Aluminium, silikon atau titanium.
- Berbagai macam baja untuk deep drawing dibuat oleh proses rimming, terutama di mana kemudahan membentuk dan menyelesaikan permukaan adalah pertimbangan utama.
- Baja ini, sehingga ideal untuk rolling, sejumlah besar aplikasi, dan disesuaikan dengan aplikasi header dingin-membungkuk, membentuk dingin dan dingin
Sumber : http://www.steeltalk.com
0 komentar
Posting Komentar