Gaya gesek didapatkan dari gesekan antara cakram (piringan) dan pad (balok rem), piringan cakram berputar bersama dengan roda, kaliper dan pad terpasang pada aksel.
Dalam rem cakram memiliki beberapa komponen yaitu :
Master Cylinder Assy
adalah Alat kontrol yang mengubah non-hidrolik tekanan (biasanya dari kaki mengemudi) ke tekanan hdrolik, untuk memindahkan perangkat lain (s) yang terletak di ujung lain dari Sistem Hidrolik, seperti satu atau lebih slave cylinder. Master Cylinder Assy bagian penting sama seperti disk rem / rotor dalam perakitan rem disk. Umumnya terbuat dari aluminium atau besi cor. Kerjanya seperti tindakan sistem throttle dalam sepeda motor atau mobil. Sebagai pasokan gas bahan bakar untuk mesin, master silinder pasokan minyak rem ke kaliper perakitan. Sebuah perkumpulan Master silinder memiliki berbagai bagian seperti tangki reservoir, membosankan, piston perakitan, tuas atau pedal, selang dll Mari kita lihat untuk menguasai perakitan silinder.
Caliper Rem
adalah perangkat berbentuk U dengan piston atau piston pada satu atau kedua sisi U. bantalan rem naik di atas caliper rem piston, dan berputar rotor dalam saluran U . Caliper rem beroperasi seperti penjepit hidrolik kecil yang dirancang untuk pegangan rotor rem dan membawa mobil/ motor Anda berhenti.
Rotor (disc brake)
adalah perangkat untuk memperlambat atau menghentikan rotasi roda ketika sedang bergerak. Sebuah rem disk (atau rotor dalam bahasa Inggris Amerika) biasanya terbuat dari besi cor, tetapi mungkin dalam beberapa kasus dibuat dari komposit seperti diperkuat karbon-karbon atau komposit matriks keramik. Ini terhubung ke roda dan / atau poros. Untuk menghentikan roda, bahan gesekan dalam bentuk bantaln rem (dipasang pada alat yang disebut caliper rem) dipaksa mekanis, hidrolik, peumatik atau elektromagnetik terhadap kedua sisi disc. Gesekan menyebabkan disk dan roda terpasang untuk memperlambat atau menghentikan. Rem mengkonversi gerak terhadap panas, dan jika rem terlalu panas, mereka menjadi kurang efektif, fenomena yang dikenal sebagai memutar rem.
Tuas Rem
Tuas Rem
Minyak Rem
adalah suatu jenis fluida yang diberikan tekanan oleh master silinder, digunakan untuk mengirimkan tekanan yang diberikan pada pedal rem (tuas rem) menuju ke empat roda kendaraan (mobil).
Dimana pada saat tuas rem ditekan (1) maka komponen pada master cylinder akan menekan cairan fluida/minyak rem (2) pada saat minyak rem ini tertekan sehingga brake pad akan menekan rotor (disc brake), untuk terjadi proses pengereman kondisi tersebut bergantung juga terhadap gaya tekan yang diberikan pengendara terhadap tuas rem, semakin keras maka gaya pengereman akan tinggi. (untuk jelasnya silahkan dapat melihat gambar di atas)
Dimana pada saat tuas rem ditekan (1) maka komponen pada master cylinder akan menekan cairan fluida/minyak rem (2) pada saat minyak rem ini tertekan sehingga brake pad akan menekan rotor (disc brake), untuk terjadi proses pengereman kondisi tersebut bergantung juga terhadap gaya tekan yang diberikan pengendara terhadap tuas rem, semakin keras maka gaya pengereman akan tinggi. (untuk jelasnya silahkan dapat melihat gambar di atas)
Sumber :
0 komentar
Posting Komentar