Bearing atau laher adalah Salah satu komponen penting pada sebuah
mobil . Bearing atau laher adalah komponen sebagai bantalan untuk
membantu mengurangi gesekan peralatan berputar pada poros/as. Bearing
atau laher ini biasanya berbentuk bulat. Bearing di mobil dipasang pada
as roda dan ditempat-tempat yang berputar lainnya.
Tujuan dari bantaran balock untuk mengurangi gesekan rotasi dan mendukung radial dan aksial beban. Ini mencapai ini dengan menggunakan setidaknya dua balapan mengandung bola dan mengirimkan beban melalui bola.
Dalam sebagian besar aplikasi, satu ras adalah stasioner dan yang lain
melekat pada perakitan berputar (misalnya, sebuah hub atau poros). Sebagai salah satu ras bantalan berputar itu menyebabkan bola untuk memutar juga. Karena bola yang bergulir mereka memiliki jauh lebih rendah koefisien gesekan daripada jika dua permukaan datar yang meluncur terhadap satu sama lain.
Bantalan bola cenderung memiliki lebih rendah kapasitas beban untuk ukuran mereka daripada jenis lain bergulir-elemen bantalan karena bidang kontak yang lebih kecil antara bola dan ras. Namun, mereka dapat mentolerir beberapa misalignment dari ras dalam dan luar.
Jika mobil anda bunyi berdengung atau berdecit-decit kemungkinan adalah spare-part bearing roda sudah rusak. Pada roda depan biasanya ditandai dengan bunyi berdengung jika mobil jalan di atas 60 km/jam. Untuk roda belakang biasanya bunyi berdecit-decit pada kecepatan rendah, pada kecepatan tinggi bunyinya semakin kencang/ramai. Segeralah ganti bearing/laher, karena jika diabaikan akan menyebabkan kerusakan komponen lainnya yang harganya jauh lebih mahal dari bearing.
Bantalan bola cenderung memiliki lebih rendah kapasitas beban untuk ukuran mereka daripada jenis lain bergulir-elemen bantalan karena bidang kontak yang lebih kecil antara bola dan ras. Namun, mereka dapat mentolerir beberapa misalignment dari ras dalam dan luar.
Jika mobil anda bunyi berdengung atau berdecit-decit kemungkinan adalah spare-part bearing roda sudah rusak. Pada roda depan biasanya ditandai dengan bunyi berdengung jika mobil jalan di atas 60 km/jam. Untuk roda belakang biasanya bunyi berdecit-decit pada kecepatan rendah, pada kecepatan tinggi bunyinya semakin kencang/ramai. Segeralah ganti bearing/laher, karena jika diabaikan akan menyebabkan kerusakan komponen lainnya yang harganya jauh lebih mahal dari bearing.
Bearing (Bantalan) banyak jenis macamnya, mulai dari bantalan bola (
ball bearing), bantalan jarum (needle bearng), bantalan gesek dan lain
sebagainya.
Jenis-jenis Elemen Laher (Roll Bearing)
Ada 5 jenis rolling-elemen yang digunakan di bantalan (bearing) :
Bola (Ball Bearing)
Bantalan bola menggunakan bola untuk membawa beban yang diterapkan. Karena ada titik kontak (dibandingkan dengan kontak line untuk bantalan tol [Roll Bearing]) beban daya dukung lebih rendah dari pada bantalan rol [Roll Bearing]. Bantalan rol dapat mendukung kedua Radial (Tegak Lurus pada poros) dan Aksial beban (Parelel ke poros). Untuk bantalan ringan dimuat, bola menawarkan gesekan lebih rendah dari rol. Self-menyelaraskan bantalan bola juga dapat beroperasi ketika cincin bantalan sejajar. Bantalam bola yang paling umum adalah bantalan bola dalam alur. Bola presisi biasanya lebih murah untuk menghasilkan dari pada bentuk seperti rol, dikombinasikan dengan volume tinggi penggunaan, bantalan sering jauh lebih murah daripada bantalan lain dari dimensi yang sama.
Rol Silinder (Cilindrical Roller)
Bantalan rol umum menggunakan silinder dengan panjang sedikit lebih besar dari diameter. Bantalan rol biasanya memiliki kapasitan beban lebih tinggi di bawah beban tegak lurus ke arah didukung primer. Jika ras didalam dan diluar tidak sejajar, daya dukung sering turun dengan cepat dibandingkan dengan baik bantalan bola atau bantalan rol bola.
Bantalan rol dikenal sejak 40 SM.
Rol Jarum (Needle Roller)
Bantalan rol jarum menggunakan silinder yang sangat panjang dan tipis. Seringkali ujung lancip ke titik, dan ini digunkan untuk menjaga rol captive, atau mereka mungkin hemispherical dan tidak captive tapidipegang oleh poros sendiri atau pengaturan yang sama. Karena rol tipis, diameter luar bantalan ini hanya sedikit lebih besar dari lubang di tengah, Namun, berdiameter kecil tol harus menekuk tajam di mana merela menghubungi ras, dan dengan demikian bantalan eragam relatif cepat.
Rol Tirus (Tapered Roller)
Bantalan tirus menggunakan rol kerucut yang berjalan pada as kerucut. Bantalan rol kebanyak hanya mengambil beban radial atau aksial, namun bantalan rol tirus mendukung beban radial dan aksial, dan umumnya dapat membawa beban lebih tinggi dari bantalan bola karena bidang kotak yang lebih besar. Taper bantalan rol yang digunakan, misalnya, sebagai bantalan roda dari kendaraan darat yang paling roda.
Kerugian untuk bantalan ini adalah bahwa karena komfleksitas manifaktur, bantalan rol tirus biasanya lebih mahal dari pada bantalan bola, dan selain itu di bawah beban berat rol tirus seperti irisan dan beban bantalan cenderung mencoba untuk mengeluarkan roller, kekuatan dari kerah yang menjaga roller di bantalan menambah gesekan bantalan dibandingkan dengan bantalan bola.
Rol Bulat
Bantalan rol bulat memiliki cincin luar dengan bentuk bulat internal. Rol lebih tebal ditengah dan tipis diujungnya. Bantalan rol bola sehingga dapat menyesuaikan untuk mendukung kedua misalignment statis dan dinamis. Namun, rol bola sulit untuk memproduksi dan dengan demikian mahal, dan bantalan memiliki gesekan lebih tinggi daripada bantalan rol silinder yang ideal atau meruncing karena ada sejumlah geser antara elemen rolling dan cincin.
Jenis-jenis Elemen Laher (Roll Bearing)
Ada 5 jenis rolling-elemen yang digunakan di bantalan (bearing) :
Bola (Ball Bearing)
Bantalan bola menggunakan bola untuk membawa beban yang diterapkan. Karena ada titik kontak (dibandingkan dengan kontak line untuk bantalan tol [Roll Bearing]) beban daya dukung lebih rendah dari pada bantalan rol [Roll Bearing]. Bantalan rol dapat mendukung kedua Radial (Tegak Lurus pada poros) dan Aksial beban (Parelel ke poros). Untuk bantalan ringan dimuat, bola menawarkan gesekan lebih rendah dari rol. Self-menyelaraskan bantalan bola juga dapat beroperasi ketika cincin bantalan sejajar. Bantalam bola yang paling umum adalah bantalan bola dalam alur. Bola presisi biasanya lebih murah untuk menghasilkan dari pada bentuk seperti rol, dikombinasikan dengan volume tinggi penggunaan, bantalan sering jauh lebih murah daripada bantalan lain dari dimensi yang sama.
Rol Silinder (Cilindrical Roller)
Bantalan rol umum menggunakan silinder dengan panjang sedikit lebih besar dari diameter. Bantalan rol biasanya memiliki kapasitan beban lebih tinggi di bawah beban tegak lurus ke arah didukung primer. Jika ras didalam dan diluar tidak sejajar, daya dukung sering turun dengan cepat dibandingkan dengan baik bantalan bola atau bantalan rol bola.
Bantalan rol dikenal sejak 40 SM.
Rol Jarum (Needle Roller)
Bantalan rol jarum menggunakan silinder yang sangat panjang dan tipis. Seringkali ujung lancip ke titik, dan ini digunkan untuk menjaga rol captive, atau mereka mungkin hemispherical dan tidak captive tapidipegang oleh poros sendiri atau pengaturan yang sama. Karena rol tipis, diameter luar bantalan ini hanya sedikit lebih besar dari lubang di tengah, Namun, berdiameter kecil tol harus menekuk tajam di mana merela menghubungi ras, dan dengan demikian bantalan eragam relatif cepat.
Rol Tirus (Tapered Roller)
Bantalan tirus menggunakan rol kerucut yang berjalan pada as kerucut. Bantalan rol kebanyak hanya mengambil beban radial atau aksial, namun bantalan rol tirus mendukung beban radial dan aksial, dan umumnya dapat membawa beban lebih tinggi dari bantalan bola karena bidang kotak yang lebih besar. Taper bantalan rol yang digunakan, misalnya, sebagai bantalan roda dari kendaraan darat yang paling roda.
Kerugian untuk bantalan ini adalah bahwa karena komfleksitas manifaktur, bantalan rol tirus biasanya lebih mahal dari pada bantalan bola, dan selain itu di bawah beban berat rol tirus seperti irisan dan beban bantalan cenderung mencoba untuk mengeluarkan roller, kekuatan dari kerah yang menjaga roller di bantalan menambah gesekan bantalan dibandingkan dengan bantalan bola.
Rol Bulat
Bantalan rol bulat memiliki cincin luar dengan bentuk bulat internal. Rol lebih tebal ditengah dan tipis diujungnya. Bantalan rol bola sehingga dapat menyesuaikan untuk mendukung kedua misalignment statis dan dinamis. Namun, rol bola sulit untuk memproduksi dan dengan demikian mahal, dan bantalan memiliki gesekan lebih tinggi daripada bantalan rol silinder yang ideal atau meruncing karena ada sejumlah geser antara elemen rolling dan cincin.
Sumber :
http://en.wikipedia.org/
0 komentar
Posting Komentar